Golf Graha Famili

Berlawanan dengan kata-kata arif dalam dunia medis: makanan yang enak-enak tidak baik bagi kesehatan, periset dari lembaga farmakologi di Milan, Italia, mengatakan: “Sering-seringlah makan pizza, sebab secara dramatis mengurangi timbulnya beberapa jenis kanker.”

Ini tentu berita gembira bagi pizza lovers. Tetapi sebagian diantara Anda mungkin mencibir, “Ya pastilah, sebab pizza hidangan khas Italia, dan yang membuat penelitian orang Italia.” Tapi, siapa tahu lho, pizza memang baik untuk kesehatan Anda.

Seperti dikatakan Silvano Gallus PhD, salah seorang peneliti di lembaga “Ricerche Farmacologiche Mario Negri”, “Kalau Anda makan pizza --sekali atau beberapa kali seminggu-- akan mencegah kanker usus, kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker mulut.” Wah..!

Penelitian dilakukan terhadap 8000 orang Italia, yang dibagi dalam tiga kategori:
1. Kelompok yang jarang sekali makan pizza – orang-orang yang hanya makan satu porsi per bulan (mungkin nunggu gajian dulu).
2. Kelompok yang sekali-kali makan pizza – mereka yang makan 1-3 porsi per bulan.
3. Kelompok yang rutin makan pizza –orang yang makan satu porsi atau lebih dalam seminggu.
Dan hasilnya: Orang-orang yang menderita beberapa jenis kanker --seperti kanker usus, kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker mulut-- ternyata sedikit sekali makan pizza, ketimbang rekan-rekan mereka yang tidak menderita kanker.

Disebutkan: 58% penderita kanker –terutama berkaitan dengan alat-alat pencernaan-- ternyata tidak makan pizza. Coba bandingkan dengan si pemakan pizza berikut ini, kemungkinan mereka terserang kanker sangat kecil sekali. Risiko mereka terkena kanker mulut dan tekak hanya 0,66%, kanker tenggorokan (0,41%), kanker laring/pangkal tenggorokan (0,82%), kanker usus (0,74%), dan kanker dubur (0,93%).

Hmm.., ternyata rahasianya ada pada saus tomatnya. Ini berita baik bagi Anda yang doyan makan tomat segar atau bahkan saus tomat. Menurut penelitian, makin banyak tomat Anda konsumsi, makin rendah risiko kanker mengincar Anda, terutama kanker prostat (tentu khusus untuk kaum pria), kanker paru dan kanker perut.

Rahasia khasiat tomat terletak di lycopene, senyawa kimia yang membuat warna tomat merah. Dikatakan, konsentrat tomat yang banyak dipakai untuk pizza, spaghetti, saus tomat dan salsa, banyak mengandung lycopene, yang efektif sebagai bahan antikanker.

Hanya saja, konsumsi lycopene yang berlebihan bisa mengubah warna kulit Anda menjadi lebih gelap.

"Kami sudah tahu, saus tomat berkhasiat mencegah tumbuhnya tumor. Namun, kami tak menduga pizza sebagai keseluruhan juga memiliki kekuatan untuk mencegah kanker," kata Silvano Gallus kepada surat kabar Italia “La Repubblica”.

Pada pizza, secara umum kandungan energi dan lemaknya memang lebih rendah dari fast food lainnya.

Namun, kritik terhadap hasil penelitian ini kemudian muncul. Misalnya, tak disebutkan soal bahaya kandungan garam pada pizza yang sama saja dengan fast food jenis lain. Dan masih ada celah lain, seperti: tidak disebutkan sudah berapa lama subyek dalam penelitian ini makan pizza? Jenis topping (bagian atas roti) apa yang biasa mereka makan? Keju, daging, sayuran, jamur atau buah-buahan? Dan seberapa besar porsi yang mereka makan?

Kalau Anda makan pizza sayuran dan buah, memang cenderung mengandung lemak yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi. Demikian juga tomat, sudah terbukti baik untuk mencegah kanker. Tetapi, jika Anda terbiasa makan pizza dengan topping yang ada keju, daging, atau ayam, kadar lemaknya tentu tinggi, dan mengakibatkan kegemukan – ini biasanya malah berkaitan dengan kanker uterus, leher rahim, indung telur, sumsum tulang, dan getah bening. Lho.., kan malah lebih mengerikan..!

Sebuah penelitian yang dirilis minggu lalu juga menyebutkan: konsumsi lemak bintang –seperti yang banyak terdapat dalam keju—meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jadi, Anda lupakan sajalah pizza “Meat Lover’s Special”….

Sebaiknya, Mr Gallus memang memperjelas lagi penelitiannya, pizza dengan kandungan seperti apakah yang efektif mencegah kanker. Sebab di dunia ini ada banyak jenis pizza, ada bermacam cara pula membuat pizza. Jadi, agak gegabah bila menyimpulkan pizza secara keseluruhan bisa mencegah beberapa jenis kanker. (zrp/CNN/Reuters)

dikutip dari: www.kompas.co.id
 

Event Calendar

<<  July 2020  >>
 M  T  W  T  F  S  S 
    1  2  3  4  5
  6  7  8  9101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Visitor

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday328
mod_vvisit_counterYesterday557
mod_vvisit_counterThis week1917
mod_vvisit_counterThis month4026
mod_vvisit_counterAll1210052
YOU ARE HERE:
http://www.zoofirma.ru/