Golf Graha Famili & Country Club

Aturan Penempatan Tamu

Ada dua gaya yang bisa anda pilih dalam menjamu tamu saat resepsi pernikahan, yaitu: prasmanan atau dengan table setting. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Table setting cenderung membuat acara resepsi lebih teratur dan tertib, namun lebih pas bila diterapkan pada resepsi pernikahan dengan jumlah tamu dan lokasi yang relatif terbatas. Yang harus diperhatikan dalam gaya jamuan ini adalah penempatan tamu agar mereka dapat bersosialisasi dan membaur dengan baik, tapi juga menikmati perjamuan dan jalannya acara.

Menentukan tempat duduk untuk tamu undangan memang merepotkan dan juga menambah panjang daftar tugas yang harus dilakukan calon pengantin. Tak sedikit pasangan pengantin yang hanya menyediakan meja-meja dan membiarkan tamu memilih sendiri tempat duduknya. Tindakan ini tak dianjurkan, karena tanpa pengaturan tempat duduk, banyak hal tak menyenangkan yang mungkin terjadi.

  • Tamu berebut duduk di tempat yang strategis.
  • Tamu akan memerlukan waktu lebih lama untuk menemukan tempat duduk. Mereka mungkin masih berkeliaran saat makanan sedang disajikan.
  • Dekorasi Anda akan berkurang keindahannya akibat orang-orang meninggalkan jas atau tas mereka untuk menandai tempat duduk.
  • Tamu yang datang belakangan akan berkeliaran mencari tempat duduk yang tersisa, dan rasanya pasti tak nyaman bagi mereka.
  • Tamu yang datang berpasangan bisa jadi duduk terpisah, atau tamu-tamu lansia bisa duduk di tempat mereka tak bisa melihat atau mendengar apapun.
  • Orang-orang yang sesungguhnya tak diundang bisa menduduki tempat undangan yang sesungguhnya.


Percayalah, anda pasti tak mau jamuan yang telah anda siapkan dengan susah payah berkurang kekhidmatannya, dan siapa tahu, tamu-tamu anda mengomel dalam hati atas kekacauan ini!

The Golden Rules
Sebenarnya tak ada aturan baku dalam mengatur siapa duduk di mana, yang penting gunakan saja perasaan dan akal sehat anda. Yang terpenting, anda sudah tahu jumlah pasti tamu yang akan menghadiri pesta anda, kapasitas ruang resepsi, dan bentuk meja yang tersedia untuk jamuan pesta pernikahan anda.

  • Jumlah orang yang duduk di setiap meja tergantung pada jumlah tamu yang anda undang, jumlah meja, dan besar lokasi resepsi. Lebih baik anda menyediakan sedikit meja yang penuh dengan tamu daripada banyak meja tapi masing-masing hanya berisi sedikit tamu. Bila lokasi resepsi cukup luas, beri jarak secukupnya antar tamu dan antar meja hingga tamu merasa nyaman.
  • Bila saat perjamuan anda diselingi acara seperti pidato, musik, atau pemutaran video klip, misalnya, pertimbangkan pula pengaturan meja agar tak ada tamu yang duduk membelakangi ‘panggung".
  • Tamu perlu diberitahu letak meja mereka sehingga mereka tak mencari-cari ke sekeliling lokasi. Anda bisa menampilkan daftar tempat duduk atau menugaskan orang untuk mengantar tamu ke tempat duduk mereka masing-masing. Pasang nomor kartu meja agar bisa dicocokkan oleh para tamu. Jika meja yang anda sediakan cukup banyak, anda bisa juga membuat semacam peta di pintu masuk untuk menunjukkan lokasi tiap meja.
  • Anda boleh menempatkan orang yang saling mengenal dalam satu meja, atau menyebarkan mereka hingga mereka bisa mendapat kenalan baru. Tapi usahakan menempatkan setidaknya satu orang yang sudah mereka kenal.
  • Orang cenderung lebih mudah membaur bila sebaya atau memiliki kesamaan minat. Keluarga bisa didudukkan bersama, demikian pula rekan kantor. Pisahkan tamu-tamu yang kurang akur.
  • Aturlah meja sedemikian rupa, hingga jumlah tamu laki-laki dan perempuan seimbang. Jangan menempatkan tamu dengan mantan pasangannya di satu meja, kecuali anda yakin ini tak akan menimbulkan masalah.
  • Untuk tamu-tamu kecil anda, sediakan meja khusus yang letaknya cukup jauh dari pusat acara. Sediakan menu khusus yang pasti mereka sukai, dan jaga mereka tetap terhibur mereka dengan menyediakan kertas, crayon, atau mainan lain.
  • Bila anda tak menyediakan meja khusus untuk anak-anak, tempatkan mereka bersama orangtuanya. Remaja bisa duduk dengan orangtua mereka atau dikelompokkan bersama remaja-remaja lain.
  • Jangan menyediakan meja khusus bagi tamu yang tidak termasuk golongan meja-meja lain. Lebih baik sebarkan mereka dengan merata.
  • Cobalah untuk menempatkan tamu lansia, sedang hamil, invalid, atau yang punya anak kecil di meja-meja dengan akses yang lebih mudah untuk ke toilet atau fasilitas lain. 

 

Dikutip dari: www.perempuan.com

 

News

Jumbo Pizza
Monday, 08 November 2010
Anda maniak pizza? Jangan bilang anda maniak Pizza jika belum mencoba Pizza Jumbo dari Golf Graha Famili & Country Club. Pizza dengan diameter 1... Read more...

Polls

Favourite Wedding Location?
 

Event Calendar

<<  September 2017  >>
 M  T  W  T  F  S  S 
      1  2  3
  4  5  6  7  8  910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Visitor

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday297
mod_vvisit_counterYesterday651
mod_vvisit_counterThis week3037
mod_vvisit_counterThis month15114
mod_vvisit_counterAll824404
YOU ARE HERE:
http://www.zoofirma.ru/